Blogger Widgets

Hipokondriasis

Flower Graphics for Myspace

Hipokondria berasal dari bahasa Yunani yang secara harfiah berarti “di bawah tulang rusuk. 
Hipokondriasis didefinisikan sebagai “rasa cemas yang persisten dan tidak rasional bahwa seseorang menderita, atau akan menderita, suatu penyakit atau kondisi medis lainnya yang serius.

Kondisi ini ternyata tidak jarang dan tidak main-main. Diperkirakan 10 persen sumber daya kesehatan seperti layanan konsultasi dokter, pembedahan, obat-obatan dihabiskan oleh orang-orang yang mengidap hipokondria. Penyebab hipokondria tidak diketahui pasti, namun diperkirakan bahwa kepribadian, pengalaman hidup, pola asuh dan sifat-sifat bawaan turun berperan.

Kondisi ini cenderung lebih banyak terjadi pada wanita, dewasa muda (gejalanya seringkali dimulai sebelum usia 30), mereka yang baru saja terkena infeksi atau penyakit fisik, mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tertentu, dan mereka yang memiliki masalah kejiwaan seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Beberapa orang memiliki kesulitan untuk membicarakan atau mengungkapkan emosi, menyelesaikan konflik atau masalah interpersonal yang berlarut-larut sehingga termanifestasi menjadi keluhan fisik. 
Bila Anda merasakan gejala atau kondisi yang mencemaskan Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda. Kecemasan itu sendiri dapat membuat kondisi Anda memburuk dan berpengaruh terhadap kemampuan Anda mengatasinya. Jangan biarkan kecemasan menghantui Anda. 

Apabila setelah memeriksa kondisi fisik yang dikeluhkan dan mempelajari informasi lain seperti riwayat kesehatan Anda, dll tidak menemukan penyebab yang mendasari, dia mungkin akan menduga bahwa Anda punya masalah lain seperti depresi atau gangguan kecemasan yang menyebabkan atau memperburuk gejala. Kondisi seperti, dapat dipicu atau diperburuk oleh kecemasan/ stres. Dokter bisa membantu Anda menenangkan pikiran dengan menjelaskan secara rasional mengapa Anda tidak perlu khawatir dengan keluhan-keluhan itu. Dia juga mungkin bisa meresepkan obat-obat antidepresan yang dapat membantu Anda mengurangi kecemasan. Pada kasus yang mungkin parah, dokter dapat merujuk Anda ke dokter spesialis kejiwaan (psikiatri) untuk penanganan lebih lanjut. 

Penatalaksanaan untuk gangguan konversi adalah sugesti dan persuasi dengan berbagai teknik. Strategi penatalaksanaan pada hipokondriasis meliputi pencatatan gejala, tinjauan psikososial, dan psikoterapi. Terapi pada gangguan nyeri mencakup ikatan terapeutik, menentukan kembali tujuan terapi, dan pemberian antidepresan.
HTML Guestbook is loading comments...